Motto

Sekarang TheBroadcaster.Com Dapat Diakses Melalui Handphone Anda

Rabu, 26 Mei 2010

PENGERTIAN SUTRADARA


Mungkin untuk sebagian orang pengertia sutradara sangatlah simple, yaitu sebagai seorang yang membuat film.
Sutradara juga adalah orang yang pertama kali disebutkan bila film itu bagus atau tidak, cth : "ni film jelek bgt, siapa sih sutradaranya?" atau "gila bgt ni film, keren abis, sutaradaranya top dah".
Namun ternyata tidak sesimple itu, saya menumukan dan mempelajari beberapa pengertian sutradara, ada beberapa pengertian sutradara diantaranya:
1. Sutradara adalah suatu profesi yang disandang oleh seorang yang bertanggung jawab sepenuhnya secara profesional dalam melaksanakan suatu proses produksi / penyiaran paket televisi dengan kemampuan wawasan yang luas, kreatif, imaginative, interpretiv, inovative, dalam berkarya dan bermanfaat bagi orang lain dan dirinya sendiri.
2. Menurut Don Livingston : Kemampuan seorang sutradara yang baik adalah hasil pengalaman dan bakat yang tidak mungkin diuraikan.
3. Menurut Hamzah A. dan Ananda S. : Sutradara adalah orang yang memberi pengarahan dan bertanggung jawab dalam masalah artistik dan teknis ( bila dalam teater ).


Apapun itu kesimpulannya adalah sutradara adalah orang yang bertanggung jawab pada hasil karya berupa pertunjukan / audio visual yang mengandung visi misi yang ingin disampaikan secara teknik / artistik melalui media yang dianggap bermanfaat secara positif bagi khalayak banyak ataupun bagi dirinya sendiri.

Beberapa istilah sutradara:
1. Sutradara ( Film & Televisi )
2. Pengarah Acara ( Televisi )
3. Program Director ( Televisi )
4. Producer Director ( Televisi & Film )

sumber : dari ilmu yang saya dapat di pelajaran penyutradaraan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar